Berikut Contoh SMK yang Sudah Menerapkan Program Sekolah Hijau!

Thursday, 02 Feb 2023 11:02:28
Penulis : Ristan Media | Editor :

Bagikan :

sumber gambar : pixabay.com

Tidak bisa dipungkiri, menciptakan generasi hebat yang berwawasan lingkungan tidaklah mudah. Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan harus dilakukan sejak bangku sekolah.

Kemendikbudristek mencanangkan hal tersebut melalui program sekolah hijau. Saat ini sekolah hijau sudah diterapkan di beberapa sekolah.

Bukan sebatas fisik saja, tapi juga mempunyai program serta aktivitas  pendidikan yang mengarah pada kesadaran lingkungan hidup.

Adapun tujuan pelaksanaan digelarnya program sekolah hijau adalah meningkatkan kesadaran lingkungan, memupuk sikap cinta lingkungan, memelihara sumber daya alam, dan menunjang program pendidikan lingkungan berkelanjutan.

Di beberapa SMK program tersebut sudah terlaksana. Melansir dari situs vokasi.kemdikbud.go.id berikut sekolah yang sudah menerapkan program sekolah hijau:

  1. SMK N 1 Beringin Deli Serdang

SMK N 1 Beringin di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara sudah mengembangkan konsep sekolah hijau dari berbagai aspek. Aspek tersebut dimulai dari mengedepankan pemanfaatan lahan sekolah, pengolahan limbah, pemanfaatan air, bahkan sampai penghematan energi.

SMK N 1 Beringin juga menjadi peraih Penghargaan Adiwiyata Mandiri Nasional di tahun 2018. Dari penghargaan tersebut, dapat terlihat jelas bahwa SMK N 1 Beringin konsisten dengan menerapkan sekolah hijau sejak lama. Saat ini, SMK N 1 Beringin masih menerapkan sekolah hijau dengan membentuk grup quilting (daur ulang) dan juga ekstrakurikuler siswa pecinta alam (Sispala).

  1. SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

SMK berikutnya yang menerapkan konsep sekolah hijau adalah SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. SMK ini telah mengutamakan pelibatan masyarakat dalam membangun sekolah hijau yang hemat energi. Salah satu yang membanggakan adalah pemanfaatan biophilic titanium building.

Bangunan The Titanium Building ini menjadi ciri khas sekolah hijau di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi karena mengedepankan pencahayaan alami dan pengaturan ventilasi. Bukan hanya dari aspek lingkungan hijau, SMK ini juga menerapkan keterampilan siswa melalui penggunaan kantong bahan PET daur ulang atau bag-for-life.

  1. SMK Katolik ST. Mikael

Contoh ketiga dari SMK sekolah hijau adalah SMK Katolik ST. Mikael Surakarta yang menata lahan dengan taman vertikal. Taman vertikal ini ditanam dengan media tanam lalu disusun ke atas hingga seluruh dinding tertutupi oleh tanaman. Tak heran, taman vertikal disebut juga dengan dinding hijau.

Pemanfaatan dinding hijau atau taman vertikal ini berguna untuk menyaring udara di lingkungan sekolah sehingga mengurangi polusi udara. Selain itu, SMK Katolik ST. Mikael juga terlihat dari aktivitas siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pecinta alam.

Tentunya dalam merealisasikan program tersebut diperlukan kerja sama bersama. Untuk apa? Untuk mempunyai konsep berpikir dan pengetahuan yang sama, sehingga program tersebut sukses dijalankan. (RDA)

Ristan Media

Bale Ristan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

2 hours ago

Kendaraan listrik merupakan transportasi masa depan yang harus menjadi pilihan agar udara kota tetap bersih dan ramah lingkungan. Hal ini membuat banyak perusahaan otomotif berlomba untuk membuat kendaraan listrik. Selain memicu brand otomotif untuk menghadirkan motor listrik baru, para siswa SMK pun berlomba-lomba untuk membuat…

2 weeks ago

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah sebuah organisasi resmi satu-satunya di sekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sejak 21 Maret 1970. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah. Selain itu, juga untuk membina dan…

2 weeks ago

Literasi memang tidak bisa dilepaskan dari bahasa. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan literasi apabila ia telah memperoleh kemampuan dasar berbahasa, yaitu membaca dan menulis. Jadi, makna dasar literasi sebagai kemampuan baca tulis merupakan pintu utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas. Budaya literasi tentunya sangat…

2 weeks ago

Pendidikan dipandang sebagai hal yang paling pokok dalam hidup ini yang sekaligus keberhasilannya menjadi kunci dasar dalam membuka pintu kebijakan manusia. Salah satunya adalah pendidikan Vokasi atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kemajuan pendidikan Vokasi diharapkan dapat memberikan input yang bagus untuk kemajuan Indonesia. Seperti dibentuknya…

Rekomendasi untuk Anda

Sekolah Menengah Kejuruan

Screenshot 2023-09-26 101626

Motor Listrik dari Motor Tua karya SMK N 2 Palembang

WhatsApp Image 2023-09-15 at 12.28.43

OSIS, Gerakan Perubahan Untuk SMK N 1 Kwanyar

Screenshot 2023-09-12 113944

Literasi Award 2023, Siswa Vokasi Boyong Juara

Screenshot 2023-09-09 142556

Sekolah Percontohan Pengembangan Hasil Bumi