Diferensiasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kriya Kulit SMK N 1 Kalasan

Thursday, 12 Jan 2023 02:01:55
Penulis : Ristan Media | Editor :

Bagikan :

WhatsApp Image 2023-01-12 at 13.46.19

Kriya Kulit menjadi salah satu kompetensi keahlian yang ditawarkan SMK N 1 Kalasan. Mas Siti Djulaeha, S.Pd, selaku tenaga didik Kriya Kulit yang telah mengajar sejak tahun 1995 menyebutkan bahwa karakter menjadi salah satu hal penting yang juga turut diajarkan di skeolah.

“Karakter itu lebih berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan siswa, baik setelah tamat maupun masih jadi siswa. Kompetensinya bagus, tapi kalau karakter kurang bagus di dunia kerja juga tidak terlalu terpilih,” papar guru yang kerap disapa Ula tersebut saat dikunjungi ristanmedia.co.id (11/01/23).

Menurut pemaparan Ula, sekolah selalu mengikuti perkembangan kurikulum pendidikan dan model pembelajaran mulai  kurikulum 2013 dengan model Teaching Factory hingga kurikulum terbaru, Kurikulum Merdeka.

“Yang perlu kita garisbawahi mengenai Kurikulum Merdeka ini adalah pembelajaran diferensiasi, yang mana berfokus pada siswa.”

Ula menyebutkan dalam kurikulum baru ini tidak lagi berpusat pada apa yang dimau guru, melainkan pada apa yang dibutuhkan siswa.

“Siswa itu kan beragam, mulai dari gaya belajar, minat belajar, profil, dan tugas kita sebagai guru adalah memahami keberagaman itu, agar kita bisa menyesuaikan pembelajaran seperti apa yang akan kita sampaikan ke siswa,” ungkapnya.

Untuk mengetahui karakteristik keragamam siswa  bisa mengukurnya dengan melakukan assessment diagnostic non kognitif yang dilakukan diawal pembelajaran.

Ula kemudian menjelaskan pembelajaran diferensiasi khususnya di Kriya Kulit  menerapkan tiga diferensiasi. Ada diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.

“Diferensiasi konten berarti bagaimana saya membuat berbagai media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa, baik yang visual, audio, hingga kinestetik. Diferensiasi proses berarti pemetaan siswa mana saja yang masih butuh pendampingan khusus dan tidak. Terakhir, diferensiasi produk yang berarti kita membebaskan anak membuat produk sesuai kemampuannya, sehingga standar penilaian produk juga dibuat berbeda” papar Ula.

Ula juga membagikan pandangannya terkait kemampuan siswa yang tidak pasti sama.

“Saya punya prinsip setiap anak itu istimewa dengan karakternya masing-masing. Ngga bisa disamakan. Tinggal bagaimana kita sebagai guru menemukan apa istimewanya anak itu.” (nai)

Ristan Media

Bale Ristan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

2 hours ago

Kendaraan listrik merupakan transportasi masa depan yang harus menjadi pilihan agar udara kota tetap bersih dan ramah lingkungan. Hal ini membuat banyak perusahaan otomotif berlomba untuk membuat kendaraan listrik. Selain memicu brand otomotif untuk menghadirkan motor listrik baru, para siswa SMK pun berlomba-lomba untuk membuat…

2 weeks ago

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah sebuah organisasi resmi satu-satunya di sekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sejak 21 Maret 1970. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah. Selain itu, juga untuk membina dan…

2 weeks ago

Literasi memang tidak bisa dilepaskan dari bahasa. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan literasi apabila ia telah memperoleh kemampuan dasar berbahasa, yaitu membaca dan menulis. Jadi, makna dasar literasi sebagai kemampuan baca tulis merupakan pintu utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas. Budaya literasi tentunya sangat…

2 weeks ago

Pendidikan dipandang sebagai hal yang paling pokok dalam hidup ini yang sekaligus keberhasilannya menjadi kunci dasar dalam membuka pintu kebijakan manusia. Salah satunya adalah pendidikan Vokasi atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kemajuan pendidikan Vokasi diharapkan dapat memberikan input yang bagus untuk kemajuan Indonesia. Seperti dibentuknya…

Rekomendasi untuk Anda

Sekolah Menengah Kejuruan

Screenshot 2023-09-26 101626

Motor Listrik dari Motor Tua karya SMK N 2 Palembang

WhatsApp Image 2023-09-15 at 12.28.43

OSIS, Gerakan Perubahan Untuk SMK N 1 Kwanyar

Screenshot 2023-09-12 113944

Literasi Award 2023, Siswa Vokasi Boyong Juara

Screenshot 2023-09-09 142556

Sekolah Percontohan Pengembangan Hasil Bumi