Jurusan Teknik Industri, bisa jadi apa ya?

Thursday, 03 Aug 2023 06:08:13
Penulis : Ristan Media | Editor :

Bagikan :

Screenshot 2023-08-03 183440

Jurusan Teknik Industri bisa jadi apa ya? Pertama-tama, kamu harus tau dulu jurusan ini mempelajari apa. Jurusan SMK Teknik Industri merupakan suatu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang proses industri yang dilihat dari segi manajemen atau teknik. Jurusan ini sebenarnya turunan dari jurusan teknik mesin. Terdapat beberapa jurusan yang berhubungan dengan teknik industri, seperti teknik otomasi industri, teknik mekanik industri, dan lainnya. Meski demikian, para siswa akan mempelajari cabang ilmu lainnya mulai dari matematika, fisika hingga manajemen saintifik. Fokus jurusan ini adalah perancangan, peninggalan serta pemasangan sistem yang terintegrasi dimana semua itu akan memerlukan peran dari manusia, peralatan, material serta energi.

Nah, jurusan ini terkenal memiliki prospek karier yang cerah.  Tak hanya memiliki peluang karier yang luas, jurusan ini juga menjadi jembatan antara dunia teknik dan manajemen, sehingga memberi nilai tambah tersendiri bagi semua lulusannya. Tidak hanya pilihan role yang bervariasi, bidang industri atau instansi bekerja bagi lulusan jurusan Industrial Engineering alias Teknik Industri juga beragam.  Apalagi di era kekinian, di mana bidang kerja semakin bervariasi.

Lulusan Teknik Industri memiliki bekal skill yang relevan di bidang manufaktur, startup secara umum, distribusi, dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya, simak dulu yuk apa saja sih prospek karier lulusan Teknik Industri yang paling banyak dibutuhkan.

  1. Engineering

Engineering merupakan salah satu divisi perusahaan dengan prospek Teknik Industri yang baik. Selain dari jurusan teknik industri anak smk lulusan listrik juga ada. Melaksanakan kerja dan merencanakannya merupakan salah satu jobdesk engineering.

  1. Quality Controller

Quality control memiliki jobdesk untuk memastikan kualitas produk yang ada sudah memenuhi spesifikasi yang ditetapkan perusahaan, atau bahkan lebih baik. Alumni Teknik Industri yang kemudian bekerja sebagai seorang Quality Controller terkenal sebagai Quality Control Engineer. Tugasnya adalah memeriksa apakah produk yang akan dilepas ke pasar sudah memenuhi standar kualitas yang ditentukan.

  1. Konsultan Supply Chain Management (SCM)

Supply chain management adalah pekerjaan yang mengurus pengelolaan alur barang dan jasa, yang melingkupi seluruh proses pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir. Di samping itu, SCM juga meliputi pemantauan inventaris dan aliran pasokan bahan, mengumpulkan data dari berbagai departemen, dan berhubungan dengan vendor serta pemasok. Keberadaan SCM sangat krusial, terutama dalam industri manufaktur. Karena memastikan rantai pasokan yang terjadi sempurna, baik itu dari segi keandalan, biaya, efisiensi, ataupun ketangguhannya. Hal ini pun memiliki kaitan erat dalam memaksimalkan nilai konsumen sehingga memperoleh keuntungan kompetitif di pasar.

  1. Facility Engineer

Nyaris seluruh perkantoran bonafide memerlukan peran seorang Facility Engineer. Peran ini mempunyai tanggung jawab untuk membuat perencanaan, melakukan peninjauan, dan melaksanakan pemeliharaan infrastruktur, fasilitas, dan peralatan sebuah gedung.

 

Selain bekerja di dalam gedung, seorang Facility Engineer juga bisa bekerja di lapangan secara langsung. Hal ini ditentukan dari lingkup kerja dan jenis proyek yang dilakukan. Adapun tugas-tugas utama Facility Engineer antara lain melakukan analisis proses profesional, alokasi sumber daya, penggunaan energi, dan sebagainya.

  1. Health and Safety Officer

Kamu juga bisa menjadi Health and Safety Officer. Peran  dari Health and Safety Officer adalah mencegah kecelakaan kerja maupun berbagai penyakit yang timbul dalam lingkup pekerjaan. Selain menerbitkan dokumen yang mengatur keamanan kerja, tugas HSE Officer dalam prospek Teknik Industri ini mencakup inspeksi reguler, investigasi kecelakaan kerja, pelatihan keamanan kerja, dan masih banyak lagi.

Gimana? Tertarik masuk jurusan Teknik Industri? (DB)

Ristan Media

Bale Ristan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

5 days ago

Kendaraan listrik merupakan transportasi masa depan yang harus menjadi pilihan agar udara kota tetap bersih dan ramah lingkungan. Hal ini membuat banyak perusahaan otomotif berlomba untuk membuat kendaraan listrik. Selain memicu brand otomotif untuk menghadirkan motor listrik baru, para siswa SMK pun berlomba-lomba untuk membuat…

2 weeks ago

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah sebuah organisasi resmi satu-satunya di sekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sejak 21 Maret 1970. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah. Selain itu, juga untuk membina dan…

3 weeks ago

Literasi memang tidak bisa dilepaskan dari bahasa. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan literasi apabila ia telah memperoleh kemampuan dasar berbahasa, yaitu membaca dan menulis. Jadi, makna dasar literasi sebagai kemampuan baca tulis merupakan pintu utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas. Budaya literasi tentunya sangat…

3 weeks ago

Pendidikan dipandang sebagai hal yang paling pokok dalam hidup ini yang sekaligus keberhasilannya menjadi kunci dasar dalam membuka pintu kebijakan manusia. Salah satunya adalah pendidikan Vokasi atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kemajuan pendidikan Vokasi diharapkan dapat memberikan input yang bagus untuk kemajuan Indonesia. Seperti dibentuknya…

Rekomendasi untuk Anda

Sekolah Menengah Kejuruan

Screenshot 2023-09-26 101626

Motor Listrik dari Motor Tua karya SMK N 2 Palembang

WhatsApp Image 2023-09-15 at 12.28.43

OSIS, Gerakan Perubahan Untuk SMK N 1 Kwanyar

Screenshot 2023-09-12 113944

Literasi Award 2023, Siswa Vokasi Boyong Juara

Screenshot 2023-09-09 142556

Sekolah Percontohan Pengembangan Hasil Bumi