Pengembangan Kurikulum Merdeka SMK PGRI 1 Salatiga

Wednesday, 23 Nov 2022 12:11:29
Penulis : Ristan Media | Editor :

Bagikan :

WhatsApp Image 2022-11-23 at 10.08.24

SMK PGRI 1 Salatiga menawarkan tiga kompetensi keahlian, yakni Tata Busana, Asisten Keperawatan, dan Teknologi Laboratorium Medik. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, sekolah yang terletak di Jawa Tengah itu turut mengikuti perkembangan kurikulum terbaru yakni kurikulum Merdeka.

“Pengembangan kurikulum di SMK PGRI 1 Salatiga ini tentu saja kita selaraskan dengan mitra Dunia Kerja Dunia Industri (DUDI),” ujar Shima Fatmawati, M.Pd selaku wakil kepala SMK PGRI 1 Salatiga bidang Kurikulum dalam channel YouTube Baleristan yang diunggah pada (22/11/22).

Shima menyampaikan bahwa biasanya penyelarasan kurikulum dengan mitra DUDI dilaksanakan pada awal pembelajaran atau sebelum awal pembelajaran itu dimulai.

“Kita mengundang beberapa mitra DUDI untuk datang ke sini dan menyamakan persepsi antara pelajaran apa yang nantinya akan kami berikan di sekolah dengan perkembangan seperti apa yang dibutuhkan di dunia kerja dunia industri,” terang Shima.

SMK PGRI 1 Salatiga yang juga menyediakan kompetensi keahlian di bidang kesehatan menjalin kerja sama untuk penempatan PKL seperti rumah sakit, klinik, maupun puskesmas.

“Pihak sekolah menyerahkan langsung kepada tempat PKL akan diposisikan dimana anak-anak kami. Misalnya ditempatkan di bagian pendaftaran atau langsung di bagian menangani pasien. Anak-anak nantinya akan diberikan tugasnya masing-masing,”ungkap Shima.

Sebagai sekolah yang berada dibawah naungan yayasan PGRI, Shima mengatakan bahwa SMK PGRI 1 Salatiga tetap berhubungan erat dengan pegiat pendidikan di yayasan PGRI tersebut.

“Biasanya kontak kepala sekolah dengan orang yayasan melalui MKKS (Musyawarah Keja Kepala Sekolah), sedangkan guru-guru melalui MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran),” ucap Shima.

Berkaitan dengan kurikulum Merdeka, Shima menyampaikan bahwa biasanya ada pelatihan terkait implementasi kurikulum merdeka untuk tenaga ajar lebih menguasai kurikulum baru tersebut. (MNK)

Ristan Media

Bale Ristan

One thought on “Pengembangan Kurikulum Merdeka SMK PGRI 1 Salatiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

1 week ago

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah sebuah organisasi resmi satu-satunya di sekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sejak 21 Maret 1970. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah. Selain itu, juga untuk membina dan…

2 weeks ago

Literasi memang tidak bisa dilepaskan dari bahasa. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan literasi apabila ia telah memperoleh kemampuan dasar berbahasa, yaitu membaca dan menulis. Jadi, makna dasar literasi sebagai kemampuan baca tulis merupakan pintu utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas. Budaya literasi tentunya sangat…

2 weeks ago

Pendidikan dipandang sebagai hal yang paling pokok dalam hidup ini yang sekaligus keberhasilannya menjadi kunci dasar dalam membuka pintu kebijakan manusia. Salah satunya adalah pendidikan Vokasi atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kemajuan pendidikan Vokasi diharapkan dapat memberikan input yang bagus untuk kemajuan Indonesia. Seperti dibentuknya…

2 weeks ago

Hari Sabtu adalah hari ke enam dalam seminggu dan biasanya dianggap sebagai hari libur bagi banyak orang di seluruh dunia. Ini adalah hari ketika kebanyakan orang bebas dari rutinitas kerja atau sekolah mereka dan dapat menikmati waktu untuk bersantai, menjalankan kegiatan hobi, atau menghabiskan waktu…

Rekomendasi untuk Anda

Sekolah Menengah Kejuruan

WhatsApp Image 2023-09-15 at 12.28.43

OSIS, Gerakan Perubahan Untuk SMK N 1 Kwanyar

Screenshot 2023-09-12 113944

Literasi Award 2023, Siswa Vokasi Boyong Juara

Screenshot 2023-09-09 142556

Sekolah Percontohan Pengembangan Hasil Bumi

Screenshot 2023-09-06 142314

Expo SMK Teaching Factory se-Banyuwangi