Saat ini SMK N 4 Mataram mempunyai lima kompetensi yaitu, Tata Boga, Tata Busana, Kecantikan, Perhotelan dan UPW.
Kelima kompetensi tersebut telah bekerja sama dengan berbagai industri. Selain itu untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran siswa sehingga bisa mencetak lulusan yang kompeten, SMK N 4 Mataram mempunyai program-program tertentu.
“Kami coba penguatan link and match, tidak hanya di praktik industrinya saja. Link and match di berbagai hal. Misalnya sinkronisasi kurikulum yang diterapkan,” kata Iwan Supriady, A.Md, S.Pd. selaku Kepala SMK N 4 Mataram saat dikunjungi ristanmedia.co.id di sekolah.
Kurikulum sumplemen diterapkan, kurikulum tersebut merupakan gagasan atau masukan dari industri yang mengajarkan di sekolah. Selanjutnya ada magang guru dan magang siswa.
“Ada juga promosi bersama industri di samping memang rekrutmen,” ucap Iwan.
Ketika ditanya lebih lanjut mengenai rekrutmen, masih menjadi pekerjaan rumah. Tersebab sektor pariwisata yang anjlok karena pandemi. Semenjak pandemi, Iwan mengatakan belum ada perusahaan yang secara langsung mengatakan ke pihak sekolah mencari sejumlah siswa untuk dipekerjakan.
Kemudian program lain, SMK N 4 Mataram mengadakan tiga kelas, yaitu kelas industri, kelas wirausaha, hingga kelas sukses perguruan tinggi.
“Penguatan siswa berada pada momen tertentu. Misalnya kami mengumpulkan siswa yang ingin berwirausaha. Kami undang guru tamu pengusaha sukses, kemudian memberikan motivasi ke siswa. Begitu kurang lebih sama dengan kedua kelas yang lain,” jelasnya.
Saat ini SMK N 4 Mataram mempunyai 110 mitra kerja, di mana beberapa di antaranya ada asosiasi profesi. (RDA/AYN)
Kendaraan listrik merupakan transportasi masa depan yang harus menjadi pilihan agar udara kota tetap bersih dan ramah lingkungan. Hal ini membuat banyak perusahaan otomotif berlomba untuk membuat kendaraan listrik. Selain memicu brand otomotif untuk menghadirkan motor listrik baru, para siswa SMK pun berlomba-lomba untuk membuat…
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah sebuah organisasi resmi satu-satunya di sekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sejak 21 Maret 1970. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah. Selain itu, juga untuk membina dan…
Literasi memang tidak bisa dilepaskan dari bahasa. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan literasi apabila ia telah memperoleh kemampuan dasar berbahasa, yaitu membaca dan menulis. Jadi, makna dasar literasi sebagai kemampuan baca tulis merupakan pintu utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas. Budaya literasi tentunya sangat…
Pendidikan dipandang sebagai hal yang paling pokok dalam hidup ini yang sekaligus keberhasilannya menjadi kunci dasar dalam membuka pintu kebijakan manusia. Salah satunya adalah pendidikan Vokasi atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kemajuan pendidikan Vokasi diharapkan dapat memberikan input yang bagus untuk kemajuan Indonesia. Seperti dibentuknya…
One thought on “Selain “Lima Peran Sekolah”, SMK N 4 Mataram Kembangkan Berbagai Program”