Tips Melindungi Diri dari Polusi Udara

Friday, 08 Sep 2023 12:09:33
Penulis : Ristan Media | Editor :

Bagikan :

Screenshot 2023-09-08 122301

Selama beberapa minggu terakhir, polusi udara di Jakarta yang kian memburuk mulai memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Banyak masyarakat yang mengeluh mengalami gangguan pernapasan. Selain itu, buruknya kualitas udara di ibukota sempat membuat jarak pandang menurun karena adanya ‘kabut’. Namun, gangguan penglihatan ini bukanlah satu-satunya dampak yang dirasakan tubuh. Sederet organ lain di tubuh kamu secara tidak disadari juga bisa terkena dampaknya. Mulai dari kulit, rambut, hingga kesehatan paru-paru. Karena itu, penting untuk mengetahui cara agar terhindar dari polusi udara. Udara yang tidak sehat memiliki dampak yang tak bisa dianggap enteng bagi tubuh. Berikut beberapa tips untuk melindungi diri dari polusi udara :

  • Memasang exhaust

Meskipun kamu tidak bisa membuka jendela terlalu sering untuk mendapat sirkulasi udara, pastikan kamu memiliki opsi lain agar udara yang lembap dan panas di dalam rumah dapat keluar. Nah, penggunaan exhaust dapat menjadi pilihan kamu, karena exhaust dapat membantu sirkulasi udara tetap berjalan dan mengurangi akumulasi polutan dalam ruangan.

  • Gunakan seal kedap udara pada celah pintu dan jendela

Ternyata celah pada pintu dan jendela dapat menjadi salah satu titik udara dari luar masuk ke dalam rumah. Untuk mencegah kualitas udara yang buruk masuk, kamu bisa menggunakan seal kedap udara pada setiap celahnya untuk menghalangi udara dari luar masuk ke dalam.

  • Menanam tanaman penyaring udara

Selain berfungsi sebagai hiasan di rumah, tanaman lidah mertua atau bambu merupakan tanaman yang dapat membantu mengurangi jumlah polusi yang masuk ke dalam rumah. Kamu bisa meletakkannya di area dekat dengan jalan besar atau di depan pintu rumah. Membuat rumah tampak cantik, dan udara di sekitar rumahmu jadi lebih bersih.

  • Gunakan Masker

Cara agar terhindar dari polusi udara yang utama menggunakan masker. Ini merupakan hal paling dasar yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari udara tidak sehat. Sebaiknya kamu memilih masker yang memang bisa menjaga kesehatan pernapasan sekaligus terasa nyaman saat dipakai. Kamu dapat memakai masker kain dengan 3 lapis kain yang dilengkapi oleh filter. Selain melindungi diri dari polusi udara, penggunaan masker juga dapat meminimalkan terjadinya penularan virus.

  • Jangan Keluar Saat Rush Hour

Bila kamu akan bepergian atau keluar rumah, usahakan untuk memilih waktu yang senggang dan sedang tidak dipadati oleh banyak orang. Tingkat polusi udara tertinggi biasanya ada di pagi dan sore hari. Bagaimana bila kondisi tersebut tak terhindarkan? Maka sebisa mungkin gunakan masker maupun pelindung badan lainnya. Kamu dapat menggunakan payung, jaket, sarung tangan, dan kacamata hitam ketika keluar ruangan.

  • Atur waktu untuk membuka pintu dan jendela

Kalau kamu sering membuka pintu dan jendela supaya ada sirkulasi udara, sepertinya untuk saat ini kamu harus memperhitungkan waktu yang tepat. Apalagi untuk kamu yang tinggal di kawasan sibuk. Sebisa mungkin jangan membuka jendela saat padat lalu lintas, agar sirkulasi udara tetap bersih, sehat, dan tidak terkontaminasi polusi udara.

Selain berusaha melindungi diri dari polusi udara, sebaiknya kamu juga berperan untuk menurunkan tingkat polusi. Mulailah dari kesadaran diri untuk menjaga lingkungan. Jika lingkungan sudah bersih dan terawat, maka kesehatan pun dapat turut terjaga. Stay Healthy! (DB)

Posted in ,

Ristan Media

Bale Ristan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

5 days ago

Kendaraan listrik merupakan transportasi masa depan yang harus menjadi pilihan agar udara kota tetap bersih dan ramah lingkungan. Hal ini membuat banyak perusahaan otomotif berlomba untuk membuat kendaraan listrik. Selain memicu brand otomotif untuk menghadirkan motor listrik baru, para siswa SMK pun berlomba-lomba untuk membuat…

2 weeks ago

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah sebuah organisasi resmi satu-satunya di sekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sejak 21 Maret 1970. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah. Selain itu, juga untuk membina dan…

3 weeks ago

Literasi memang tidak bisa dilepaskan dari bahasa. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan literasi apabila ia telah memperoleh kemampuan dasar berbahasa, yaitu membaca dan menulis. Jadi, makna dasar literasi sebagai kemampuan baca tulis merupakan pintu utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas. Budaya literasi tentunya sangat…

3 weeks ago

Pendidikan dipandang sebagai hal yang paling pokok dalam hidup ini yang sekaligus keberhasilannya menjadi kunci dasar dalam membuka pintu kebijakan manusia. Salah satunya adalah pendidikan Vokasi atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kemajuan pendidikan Vokasi diharapkan dapat memberikan input yang bagus untuk kemajuan Indonesia. Seperti dibentuknya…

Rekomendasi untuk Anda

Sekolah Menengah Kejuruan

Screenshot 2023-09-26 101626

Motor Listrik dari Motor Tua karya SMK N 2 Palembang

WhatsApp Image 2023-09-15 at 12.28.43

OSIS, Gerakan Perubahan Untuk SMK N 1 Kwanyar

Screenshot 2023-09-12 113944

Literasi Award 2023, Siswa Vokasi Boyong Juara

Screenshot 2023-09-09 142556

Sekolah Percontohan Pengembangan Hasil Bumi